Thursday, September 1, 2016

Pembuatan dan Perekaman E-KTP

Jadi saudara-saudara sekalian sampai detik ini KTP gue masih yg lama dan belum E-KTP sekeluarga yg berarti ber4 (Papa, Mama, Gue, dan Alberto adek gue sedangkan yg kecil blm 17 tahun jd ngk ikutan). Dulu ntah tahun kapan si mama pernah dapet surat dari kelurahan untuk datang ke kecamatan untuk perekaman e-ktp, tapi krn waktu itu ngk sempet2 dan menurut gue bukan hal yg urgent jd gue nunggu saat yg pas untuk ijin dari kantor karena cm bisa dilakukan di hari biasa kan. Tapi sama si mama itu kertas dibuang lhooo, hebat kan! Doi emang orang yg demen bersih-bersih tapi ngk gitu juga kali surat kyk gitu dikira sampah! Mama oh mama ku ini......

Dan kemarin-kemarin ini kan ada kabar tuh soal bulan Sept atau Okt ini diharuskan semua sudah menggunakan e-ktp atau nantinya akan di persulit dalam semua hal, pokoknya yg nanti menyertakan fotokopi KTP ngk akan diterima klo blm e-ktp. Jadi ketar ketirlah si mama.. Hahahahaha... Nah, kamis kemarin tgl 25 Agt 2016 si Papa tiba2 pergi dluan dong ke ketua RT minta surat pengantar trs ke kelurahan dan lanjut ke kecamatan tanpa ngajak2, kan jahat bener yak.. Zzzzz.. Jadilah akhirnya hr jumatnya dia ke ketua RT buat minta surat pengantar kami ber3. Jadi, hari senen tgl 29 Agt 2016 kita ber3 ke kelurahan dhe buat minta form untuk ke kecamatan setelahnya.. Gue nunggu dari jam 8 sampe stg9 kayaknya, gue kadang bingung apa yg membuat mereka lama lho, mereka komputer punya tapi kenapa harus ttp tulis tangan sih kan komputer jadi mubazir aja ngk di pake. Terusnya lagi setelah selesai gue di panggil dong ambil berkas, nah si mba-mba ke kelurahan ini tiba2 bilang "Ini suratnya nanti tinggal ke kecamatan aja ya buat foto, jadi 30rb". WHAT? 30rb? Padahal bokap gue yg sebelumnya itu bilang klo gratis lho, dan gue juga lihat org2 beberapa sebelum gue sempet kasih salam tempel juga. Gue yg uda males langsung ceplosin aja "Berapa bu? 30rb? Kok orang tua saya kamis kemarin itu free ya ngk ada biaya sama sekali?". Jujur disitu org2 langsung ngelirik ke gue karena gue ngmng cukup gede, Akhirnya si org kelurahannya itu ngk bs ngmng apa2 jadi ya gue tinggal aja. Gue ngk suka tuh yg kyk gini, awalnya gue emang mau kasih salam tempel lah buat ucapan terima kasih jasanya tapi klo tiba2 diketok yg mana seharusnya free sih no way!!

Lanjut, dari ke kelurahan langsung cabut ke kecamatan di sana kita langsung kumpulin berkas buat antri dan tunggu dipanggil.. Lama bgtttt, gue antri dari jam9 kurang baru di panggil jam12an, yaiyalah lama yg ngelayanin cuma 1 org pdhl seharusnya 2 org, ngk ngerti yg 1 org ngapain.. Waktu awal2 dateng itu 1 org bisa 20 menitan sendiri ngk ngerti dhe sistem bermasalah atau apa dan tmpt ruang tunggunya itu lagi rame jadi sumpek maka gue suru si mama dan adek gue nunggu dpn biar gue yg di dalem dan itu gue berdiri sekitaran 3 jam itu.. Sampe mau mati itu kaki rasanya, karena klo nunggu luar di panggil pake speaker pun ngk kedengeran krn speakernya cuma di dalem. Gue juga bingung dgn sistem kerja org2nya yg agak lamban, contohnya sewaktu lu input data orang ini sekalian lah lu panggil masuk biar dia duduk pas selese input jd tinggal langsung foto, ini ngk lho dia input dlu trs baru panggil nah masalahnya kan rame bgt tuh di dlm jadi panggilnya berkali-kali itu ngk langsung dateng karena ngk kedengeran dan klo orgnya agak belakang dia jalan pun desek2an dan itu wasting time lhoooo... Pas agak siang si org kedua ini baru bantuin lho dan org2 yg datengnya siang sih uda pasti dapet sore jd mending pulang dlu gih, panas juga nunggu disana. Nah pas di panggil itu gue ngerasa cepet karena gue di panggil sama org kedua ini, tapi kenapa yg dipanggil sama org pertama ini lama bgt ya.. Lelet bgt asli..

Akhirnya setelah yg terakhir itu adek gue ya uda kita tuker berkas dgn tanda terima berkas yg nantinya buat pengambilan e-ktp yg baru bisa diambil sekitar DESEMBER!! Lama bgttt, Ya ampun.. Hahahahaha... Kabar-kabarnya sih pemerintahan lagi kekurangan stock untuk kartunya jadi bisa secara cepet.. Kayaknya untuk peraturan hrs e-ktp dan yg lama ngk berlaku lagi musti direview ulang dhe.. Gimana cara ketika mau buat kyk gitu tapi barangnya blm ada? Kadang ambil dan ngeluarin keputusan tanpa mikir atau gimana ngk ngerti dhe.. Huauauaua.. Jadi intinya sih mau kasih tau ke kalian yg blm ganti KTP lama menjadi E-KTP gimana prosesnya tapi sekalian curhatan lah yaaaa.. :))))))

Jadi, berikut adalah dokumen yg harus kalian siapin dan proses yg harus kalian lalui :
1. Fotokopi KK & KTP lama.
2. Minta Surat pengantar dari ketua RT.
3. Ke kelurahan untuk formulir perekaman e-ktp. (FREE!!)
4. Ke kecamatan serahin berkas ke bagian penyerahan berkas.
5. Nunggu antrian sampai dipanggil.
6. Proses perekaman sidik jari, ttd, retina mata, dan pembaharuan informasi dari ktp yg lama.
7. Kembalikan berkas untuk ditukar dengan tanda terima berkas. Tukar dgn Resi dan bawa Pas photo 4x6 cm jika ktp kalian akan habis/mati dalam waktu dekat sblm e-ktpnya jadi. Untuk yg masa berlakunya masih lama simpan tanda berkas itu untuk nanti pengambilan E-KTP yg baru.

Saran dari gue :
1. Minta surat pengantar RT sebelum hari kita mau proses, karena ketua RT ngk selalu ada dirumahnya. Hahahahaha...
2. Datang sepagi-paginya jam kelurahan buka. Lalu langsung ke kecamatan untuk ambil antrian, jika dalam kondisi ramai mungkin lebih baik besok harinya langsung datang pagi2 kesana biar dapet antrian awal-awal.
3. Siapin batre hape penuh karena lu akan bosen nunggunya, jd bisa main game atau buka2 IG liat baju2 bagus dan makeup2 kece.. Wakakakakaka...

Jadi tmn-tmn yg blm punya e-ktp lebih baik cepet diurus sih, semakin cepet semakin baik ngk kayak gue yg sekarang jd ribet begini.. Hehehehe....


4 comments:

  1. Ribet yah emankkkkkk, cape aza , kadang mesti mondar mandir bolak balik pulah huff, sabar aza d wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, blm nanti hrs surat2 yg uda cici alamin nih.. Semoga ngk hrs bolak balik dhe ya.... hahahaha

      Delete
  2. Gw uda urus e-ktp untungnya waktu awal-awal sih, waktu itupun seiinget gw, datangnya harus pagi dan baru kebagian foto, scan sidik jari dll pas udah mau maghrib. Makanya foto e-ktp gw kucel banget hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya klo awal2 itu uda tinggal ngantri foto dan rekam doang ya enaknya ngk harus urus surat ini itu.. Sama bgt! ngantri dari pagi uda dandan sxan berangkat ke kantor kan tp hrs nunggu diruangan berac yg uda sumpek dan berdiri pula alhasil lepekkkkkk... Sedihhhh...

      Delete